Wednesday, February 1, 2012

Teladan Rasulullah SAW dalam merencanakan Kota dan Wilayah


Assalamu Alaikum Wr Wb
Segala puji kepada ALLAH SWT Tuhan yang merajai langit dan bumi serta setiap jengkal alam semesta ini Salam dan shalawat kepada Nabiullah Muhammad SAW.
Membongkar-bongkar lemari tidak sengaja menemukan secarik kertas, kertas yang selama ini saya cari mungkin nilainya tidak lebih dari sekedar kertas kumal, tapi tulisan dan corat-coret di dalamnya lah yang membuat saya mencari-carinya, kertas ini berisi hasil diskusi dan debat dengan seorang teman SD yg kuliah di universitas di Madinah, dia orang yang begitu memahami banyak hal mengenai fiqh dan sejarah mengenai orang termulia Muhammad bin Abdullah, SAW. Tahun 2006 lalu dia datang ke Makassar lewat email yang dia kirim akhirnya kami janjian ketemuan di masjid kampus ba’da Ashar. awalnya kami cuma bercerita dan mengenang masa SD dulu, tapi tiba-tiba saya berfikir untuk menanyakan sesuatu “Rim, menurut mu apa teladan yang di contohkan Rasulullah kepada umatnya mengenai perencanaan kota dan wilayah”. diapun membalas dengan bahasa yang sudah bisa saya tebak “sungguh terdapat teladan yang nyata dalam diri Rasulullah”
Kami pun melanjutkan diskusi dengan nada serius, Rasulullah SAW membangun kota dan wilayah secara konkrit ketika Rasulullah SAW berhijrah ke madinah, hal yang pertama ketika beliau datang adalah membangun masjid (Masjid Quba) kenapa masjid? ada 2 hal yang menyebabkan masjid yang di pilih sebagai awal perencaan wilayah:
1. Masjid tempat kita shalat tempat memohon, masjid lah tempat shalat tiangnya agama, tiang, maka masjid dapatlah dikatakan tiang yang menyangga atap dan berlindungnya lantai, lanjut dia tianglah yang menjadi pembatas antara atap (akhirat) dan lantai (dunia) kalau tak ada tiang maka kita mungkin akan kesulitan menafsirkan mana atap dan yang mana tiang, tiang juga menyediakan ruang antara atap dan lantai itulah ruang untuk muamalah dan juhada. jadi Rasulullah SAW tahu bahwa ketika ingin membangun kota dan wilayah bangun lah dulu jiwa masyarakatnya, bangunlah semangat muamalah dalam mengejar dunia namun sediakan pula ruang untuk diri mu untuk juhada dalam mengejar Ridha ALLAH SWT, tanpa itu kita akan memiliki ruang (kota dan wilayah) yang akan di isi dengan orang yang pemalas yang enggan mengejar dunia karena lebih memilih akhiratnya dan orang rakus karena hanya mengejar dunia.
2. Masjid tempat orang berkumpul dan bermajelis , akan sangat gampang melakukan konsilidasi terhadap semua orang, membicarakan banyak rencana, satu keistemewaan masjid adalah tempat di mana orang lebih bisa berfikir jernih karena orang yang ke masjid pastilah dalam keadaan menjaga wudhu-nya
“Sungguh dalam diri Rasulullah terdapat keteladanan dalam dirinya” celetuknya.
Setelah Rasulullah SAW membangun masjid sebagai sarana mempersiapkan masyarakat yang madaniah (masyarakat yang berpendidikan dan berakhlak) Rasulullah SAW kemudian membangun Baitul Mal, “Anta tau wan kenapa baitul mal?” tanya nya singkat kepadaku lantas dengan sedikit ilmu yang kupunya ku jawab “Baitul Mal kan tempat menyimpan semua zakat,infaq dan shadaqoh, yah sebagai bentuk rasa prihatin yang kaya terhadap yang miskin supaya kota dan wilayah yang di huni dapat menjadi kota yang nyaman untuk di huni siapa pun” lantas dia menjawab “Betul tapi bukan itu intinya wan” ketika awal masjid dibangun itu untuk membentuk moral dan jiwa masyarakat suatu kota maka Baitul Mal lah penjaga moral dan jiwa yang di bentuk “Tahu kenapa wan?” saya cuma bisa menggeleng kepala. Orang miskin dan lapar lebih dekat dengan ke kufuran pernah dengar? saya hanya bisa menganggukkan kepala. Baitul Mal adalah tempat di mana orang kaya memberikan sebagian hartanya untuk membantu saudaranya yang miskin dan fakir, tujuannya tidak hanya karena itu kewajiban tapi tujuannya untuk mengurangi orang miskin yang punya potensi menjadi kafir, Maka tak ada kota dan wilayah yang akan bertahan dengan keadaan yang nyaman, aman dan tenteram ketika orang miskin masih banyak di tengah kota mu, maka jagalah tidak ada orang miskin didalam kota tersebut atau kalau itu sulit jagalah agar orang miskin berkurang bukan malah bertambah atau jagalah orang miskin merasa masih terus di jaga dan masih merasa punya saudara yang bisa membantunya ini salah satu statemen yang membuat saya merinding karena rasanya ini lah yang banyak hilang dari diri kita sehari-hari. Baitul Mal juga sebagai Kas Negara yang menjadi motor penggerak pembangunan, yang membiayai pembangunan drainase, air bersih dan fasilitas lainnya, Rasulullah SAW membangunnya dengan dana yang halal dan di kerjakan dengan transparansi yang baik.
setelah masjid dan baitul mal Rasulullah SAW lantas membangun pasar, jalan, drainase dan fasilitas penunjang lainnya. dalam konsep pengembangan kota madinah dan makkah pada zaman Rasulullah SAW tidak di jumpai sistem kluster yang memisahkan kawasan kumuh dan kawasan elit “Antum tau wan?”  pada saat itu orang kaya merasa perlu berdekatan karena merasa puanya tanggung jawab terhadap saudaranya. tidak ada kesenjangan antara yang kaya dan miskin.
Rasulullah SAW merencanakan kota dan wilayah di mulai dengan membangun jiwa dan moral masyarakatnya, ketika jiwa dan moral itu sudah dapat di bangun maka jiwa dan moral itu kemudian di jaga dengan baik agar dapat menciptakan sistem perkotaan dan wilayah yang baik.
Kota tidak hanya mengenai arsitek yang bagus, fisik yang molek dan cantik tapi kota adalah sistem yang menjembatani antara dunia dan akhirat, menjembatani kaya dan miskin, menjembatani pengembangan moral masyarakatnya dan yang pasti kota lah tempat kita berbagi harta, ilmu, pendapat dan lainnya.
begitulah Rasulullah SAW memuliahkan Ummatnya karena sungguh Dia adalah seorang makhsum dan “Sungguh dalam diri Rasulullah SAW terdapat teladan yang nyata”
Aku sungguh merindukanmu sahabat…rasanya masih banyak hal yang ingin saya diskusikan dengan mu, tp yah..mungkin Allah SWT sang khadiral munjalil begitu sayang padamu hingga DIA ingin kau segera menghadapnya
Tulisan ini saya dedikasikan khusus buat sahabat saya Nur Karim Ahmatullah…
by.

Friday, November 4, 2011

PENATAAN RUANG, SOLUSI ATASI KONFLIK PEMANFAATAN RUANG


Konflik pemanfaatan ruang, khususnya tumpang-tindih penggunaan lahan merupakan masalah yang kerap terjadi. Seperti konflik pertambangan dan kehutanan. Untuk mengatasinya, Penataan Ruang harus mampu mensinergikan berbagai kepentingan dalam ruang yang bersifat terbatas.
Demikian disampaikan Direktur Penataan Ruang Wilayah I, Bahal Edison Naiborhu mewakili Dirjen Penataan Ruang, Imam S. Ernawi dalam Diskusi Panel Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Wilayah Pertambangan, di Jakarta (20/8).
Sektor pertambangan merupakan sektor pembangunan penting di Indonesia. Namun, dari segi lingkungan hidup, pertambangan juga dianggap sebagai kegiatan eksploitasi sumberdaya alam yang “merusak”, karena dapat mengubah bentang alam, merusak vegetasi dan menghasilkan limbah. “Oleh karena itu, Penataan Ruang harus bersifat netral dalam memberi matra spasial pembangunan, untuk mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan,“ tegas Edison.
Seminar yang dihadiri oleh anggota lima asosiasi bidang geologi dan pertambangan, yaitu IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia), MGEI (Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia), PERHAPI (Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia), IMA (Indonesia Mining Association), APBI (Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia) ini bertujuan untuk menjaring masukan bagi RPP tentang Wilayah Pertambangan.
Ketua IMA mengatakan, Wilayah Pertambangan (WP) merupakan hal penting bagi kelangsungan industri pertambangan. Namun, konflik muncul ketika WP bersinggungan dengan Undang-Undang Penataan Ruang (UUPR) dan Undang-Undang Kehutanan. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara kedua UU tersebut dengan UU Pertambangan Mineral dan Batubara.
Dirjen Planologi Kehutanan Sutrisno menjelaskan, berdasarkan fungsi pokoknya, hutan ditetapkan sebagai hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi. Lebih lanjut dijelaskan, penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan hanya dapat dilakukan di dalam kawasan hutan produksi dan hutan lindung, dengan tanpa mengubah fungsi pokok kawasan hutan. Terkait kegiatan pertambangan, penggunaan kawasan hutan harus dilakukan dengan mempertimbangkan batasan luas dan jangka waktu serta kelestarian lingkungan. “Penambangan terbuka dilarang dilakukan di hutan lindung,” imbuh Sutrisno.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Geologi Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), R. Sukhyar mengemukakan harapannya agar penataan ruang dapat menjembatani berbagai kepentingan. “Multiple use dalam ruang dapat dilakukan sebagai upaya solusi optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam”, imbuh Sukhyar.
Menurut Sukhyar, Wilayah Pertambangan, Wilayah Usaha Pertambangan dan Wilayah Pencadangan Negara seharusnya boleh berada pada Kawasan Lindung maupun Kawasan Budidaya. Pihaknya juga berharap agar konversi lahan dapat dilakukan pada Kawasan Lindung dengan mempertimbangkan risk and benefit analysis.
Menyorot dari sisi hukum, Kepala Bagian Hukum dan Perundangan-undangan Ditjen Mineral, Batubara dan Panas Bumi Departemen ESDM, Fadli Ibrahim mengatakan, Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara banyak bersinggungan dengan UUPR. Pihaknya berharap, kegiatan pertambangan dapat berjalan tanpa melanggar UU Kehutanan dan UUPR.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Heriyadi Rahmat dalam kesempatan yang sama memaparkan kasus-kasus konflik pemanfaatan yang dihadapi NTB dalam implementasi UUPR No. 26 Tahun 2007 dan UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.
Heriyadi juga mengeluhkan masalah pertambangan tanpa izin (PETI) yang masih marak terjadi di NTB. Salah satunya karena adanya larangan untuk penambangan golongan A dan golongan B di Pulau Lombok, sebagaimana diamanatkan dalam Perda NTB No. 11 Tahun 2007 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW. Pihaknya berharap, RTRW dapat mengakomodir semua kepentingan sektoral, termasuk pertambangan dalam bentuk zonasi yang paling optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Menanggapi hal tersebut, Edison menegaskan, RTRW merupakan hasil konsensus yang harus dipatuhi oleh semua sektor, agar konflik pemanfaatan ruang tidak terjadi. Zonasi peruntukan lahan diatur dalam RTRW, sementara peraturan sektoral sebaiknya hanya mengatur manajemen dan pengelolaannya, tandas Edison. 
Sumber : www.pu.go.id 

Semarang Ambles (Land Subsidence)

Amblesan Tanah (Land Subsidence) Semarang
Akibat Pengambilan Air Tanah


Dataran Semarang bawah merupakan endapan alluvial muda yang cukup tebal (40 – 45 meter) dengan permeabilitas rendah. Proses penurunan tanah masih berlangsung terus, baik akibat proses konsolidasi lapisan alluvial maupun amblesan akibat penyedotan air bawah tanah yang berlebihan.  Gambar berikut memperlihatkan hasil simulasi amblesan tanah kota Semarang pada tahun 2002.
Peta Amblesan Muka Tanah Kota Semarang
Beberapa studi menunjukkan bahwa pengambilan air bawah tanah yang berlebihan dipercaya sebagai penyebab utama terjadinya penurunan tanah di kota Semarang. Hasil studi ITB (1995) melalui simulasi komputer menyimpulkan bahwa laju penurunan tanah dari tahun 1985 sampai 2002 diperkirakan berkisar antara 0,5 sampai 1,6 cm/tahun, dengan sebaran 1,0 cm/tahun di STM Perkapalan, 0,9 cm/tahun di Simpang Lima, 1,6 cm/tahun di Tambaklorok, 0,7 cm/tahun di P3B Pelayaran, 0,5 cm/tahun di Jomblang, dan 0,9 cm/tahun di Kaligawe.
Sementara, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh JICA (1997) menyimpulkan bahwa penurunan muka tanah sepanjang Jl. Siliwangi (Semarang-Kendal), Jl. Kaligawe (Semarang - Demak) dan dekat Tugu Muda diperkirakan berturut-turut sebesar 0,0; 7,0 dan 1,4 cm per tahun.  Kawasan sepanjang Kaligawe mengalami laju penurunan yang paling parah, karena pada kawasan tersebut terjadi pengambilan air bawah tanah yang besar oleh hampir semua pabrik dan industri.
Di kawasan Tanah Mas terdapat 20 buah sumur dalam dan telah beroperasi sejak 1980.  Walaupun kawasan Tanah Mas telah terjangkau layanan PDAM, namun pada umumnya masyarakat hanya menggunakan air PDAM untuk air minum. Sementara untuk keperluan mandi, cuci, dan lainnya menggunakan air bawah tanah, yang diambil dari kedalaman 90 sampai 100 meter.
Kondisi dataran Semarang yang demikian membawa konsekuensi sistem penanggulangan banjir tidak lancar, sehingga penyakit banjir makin hari bukannya sembuh, tapi malah cenderung makin parah. Tidak teratasinya banjir di Semarang bawah mengakibatkan perkembangan kota lebih banyak bergeser ke Semarang atas. Kawasan ini yang mustinya berfungsi sebagai kawasan lindung dan/atau daerah resapan, telah banyak berubah menjadi daerah permukiman dan industri. Dampaknya sudah kita rasakan bersama, berupa banjir yang makin besar, disertai kandungan lumpur yang cukup tinggi.

Semarang Land Subsidence dalam RTRW Kota Semarang

Dari 8 kecamatan (Gayamsari, Genuk, Pedurungan, Semarang Selatan, Semarang Tengah, Semarang Timur, Semarang Barat, Semarang Utara) yang mengalami penurunan permukaan tanah di Kota Semarang, 5 diantaranya terletak di wilayah pesisir Kota Semarang. Hal ini tentu saja merupakan permasalahan yang cukup krusial bagi pengembangan wilayah pesisir Kota Semarang karena terkendala permasalahan tersebut. 5 kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Gayamsari, Kecamatan Genuk, Kecamatan Semarang Timur, Kecamatan Semarang Barat, dan Kecamatan Semarang Utara. 
Kondisi penurunan permukaan tanah di wilayah pesisir Kota Semarang tersebut dikarenakan bagian bawah tersusun oleh aluvium muda dengan kompresibilitas tanah yang tinggi sehingga masih mengalami proses pemampatan secara alami akibat beban lapisan tanah yang ada di atasnya, disamping itu akibat adanya gangguan dari aktivitas manusia, proses pemampatan tanah ini akan dipercepat yang mengakibatkan terjadinya amblesan tanah (Murdohardono, 2006). 
Akibat semakin meluasnya amblesan tanah akan mengakibatkan perluasan daerah yang terkena rob. Selain itu pula dampak dari permasalahan ini yakni biaya perawatan dari infrastruktur perkotaan akan sangat mahal karena akan terjadi berbagai kerusakan baik berasal dari bahaya rob maupun amblesan tanah itu sendiri.
evo

Tanah Ambles Akan Jadi Momok Warga Semarang

Masalah tanah ambles yang terjadi di wilayah Kota Semarang terutama sisi utara merupakan isu yang terlupakan. Tanpa ada tindakan disertai kebijakan apa pun, lambat laun bangunan di Semarang akan berlomba-lomba dengan air yang selalu meninggi.
Pemkot Semarang perlu segera mengkonsep kembali upaya penyelamatan muka tanah. Secara tegas pakar hidrologi Undip Dr Nelwan menyatakan penyelamatan muka tanah harus dilakukan mulai sekarang. "Saya yang tinggal di Tanah Mas merasakan betul, tiap tahun air selalu naik. Warga pun berlomba-lomba menaikkan rumahnya. Makanya penanganan ini harus secara komprehensif, tidak sepotong-potong dengan mengandalkan pembuatan saluran semata. Tidak ada fungsinya buat saluran, kalaupun penampang tanahnya turun," tandas dia, Selasa (22/11).
Ia pun mengaku masalah isu penurunan tanah sudah pernah dilontarkan 10 tahun lalu saat Wali Kota Semarang dijabat Sukawi Sutarip. Namun sampai sekarang ini tidak ada sebuah kebijakan yang tegas dalam penanganannya.
Beberapa kasus amblesan tanah pernah terjadi seperti di Kampung Ujung Seng, Bandarharjo, Semarang Utara.
Kebijakan yang dimaksudkannya itu adalah membatasi izin air bawah tanah (ABT). Secara data, amblesan tanah terparah di kawasan Simpanglima mencapai 10 cm/tahun.
Hal itu dibuktikan dengan adanya peninggian jalan yang dilakukan tiap tahun oleh pemkot. "Berapa hotel dan pusat perbelanjaan yang ada di sana mengambil ABT, mengakibatkan kawasan Simpanglima jadi turun," ungkapnya.
Nelwan meminta supaya Pemkot untuk menghentikan izin-izin ABT. "Bagi saya ABT faktor penentu amblesnya tanah. Dengan jenis tanah alluvial, kalau air di bawahnya diambil maka tanah itu akan turun," tandas dia.
( Dicky Priyanto / CN32 / JBSM )

Wali Kota Larang ABT


Wali Kota semarang melarang izin air bawah tanah selama suatu wilayah memiliki jaringan PDAM. Hal itu untuk mengatasi masalah tanah ambles.
Tanah ambles, terutama di sisi utara Kota Semarang, merupakan isu yang terlupakan. Tanpa tindakan disertai kebijakan apa pun, lambat laun bangunan di Semarang akan berlomba-lomba lebih tinggi dibanding air.
Padahal genangan pun bertambah tahun juga bertambah tinggi. Pemkot perlu segera mengonsep kembali upaya penyelamatan muka tanah.
Pakar hidrologi Undip Dr Nelwan menyatakan penyelamatan muka tanah harus dilakukan mulai sekarang.
”Saya yang tinggal di Tanah Mas merasakan betul, tiap tahun air selalu naik. Warga berlomba-lomba menaikkan rumah. Makanya penanganan harus komprehensif, tidak sepotong-potong dengan mengandalkan pembuatan saluran semata. Tidak ada fungsinya saluran kalau penampang tanah turun,” tandas dia, Selasa (22/11).

Pernah Dilontarkan
Masalah isu penurunan tanah, menurut dia, pernah dilontarkan 10 tahun lalu saat Wali Kota Semarang dijabat Sukawi Sutarip.
Namun sampai sekarang tidak ada kebijakan tegas dalam penanganannya. Beberapa kasus amblesan tanah pernah terjadi seperti di Kampung Ujung Seng, Bandarharjo, Semarang Utara.
Kebijakan yang dimaksudkannya itu adalah membatasi izin air bawah tanah (ABT). Secara data, amblesan tanah terparah di kawasan Simpanglima mencapai 10 cm/tahun. Hal itu dibuktikan dengan peninggian jalan tiap tahun oleh Pemkot.
”Berapa hotel dan pusat perbelanjaan yang ada di sana mengambil ABT, mengakibatkan kawasan Simpanglima jadi turun,” ungkapnya.
Dia meminta Pemkot menghentikan izin-izin ABT. ”Bagi saya ABT faktor penentu amblesnya tanah. Dengan jenis tanah alluvial, kalau air di bawahnya diambil maka tanah itu akan turun,” tandas dia.
Wali Kota Soemarmo HS menyatakan, izin-izin ABT tidak akan diberikan sepanjang kawasan itu ada aliran PDAM. Ia mengakui, sebelumnya izin pengambilan air itu dikoordinasikan oleh Pemprov Jateng, sehingga pemkot tidak memiliki wewenang menindak atau mengawasinya.
”Dengan diserahkannya izin itu kepada daerah, saya tegaskan jangan ada izin ABT selama ada saluran pipa PDAM. Masalah land subsidance itu tidak hanya terjadi di Kota Semarang saja, Jakarta pun juga mengalaminya,” ungkapnya.
Kepala Dinas PSDA-ESDM Agus Riyanto menjelaskan untuk saat ini rekayasa teknik sedang dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi banjir dan rob.
Pada 2012 pihaknya akan melakukan pengerukan Kali Semarang mulai dari Jl Dr Sutomo sampai kawasan Jembatan Mberok. Selain itu pula kolam panjang Kali Baru pun akan dibuka supaya airnya bisa menyatu dengan Kali Semarang.
Baru kemudian aliran di sungai itu akan dibuang ke Kali Asin yang akan ditampung oleh kolam retensi. ”Ini program kita supaya rob dan banjjir bisa teratasi,” kata Agus. 
suaramerdeka.com

Saturday, October 8, 2011

Ini ceritaku, apa ceritamu hari ini…? (Part 2)

Pesawat itu Bukan Bis...

Berawal dari kenal n sering  kumpul bareng  senior n Alumni Planologi Unissula, banyak cakap banyak cerita (ngalor ngidul ngetan ngulon) dan mungkin beliau-beliau tau pengalaman n kemampuanku (padahal kosong nih otak), sekitar bulan Juni 2011 aku ditawarin kerja, langsung 2 proyek baru tuh….. bimbang ni (nolak….eman-eman, tapi takut juga soalnya g prnh ngerjain proyek itu), biasa deh jurus pikar pikir pikar pikir pikar pikir pikar pikir keluar.

Okelahkalobegitu aku ambil. Mulailah pengerjaan proyek SPPIP (Strategi Pembangunan Permukiman dan Infrastruktur Perkotaan) Kota Manna Prop. Bengkulu dari PT. Qorina Konsultan Indonesia dan proyek RPKPP (Rencana Pembangunan Kawasan Permukiman Prioritas) Kota Manna Prop. Bengkulu dari PT. Wastuwidyawan, kali ini beda, naik pesawat coy…. (seumur hidup blm pernah naik pesawat) hehehe…. Asik…asik…. Petapun sudah dibuat untuk laporan pendahuluan….. 
Saat yang ditunggu-tunggupun tiba… “Ada telepon… Ada telepooon…..Ada telepoooooooon…(bunyi nada dering HP aku), eh telpon dari BOS, aku diminta untuk ikut survey ke Bengkulu, seneng tuh (maaak…..aq arep numpak pesawat ki)…, haripun berlalu, besok berangkat pagi, pesawat jam 6.45 WIB, malemnya g bs tidur cepet deh (sangkin senenge)…. Tidur jam 2 pagi akhirnya… alarm HP jam 4.30 WIB, bangun tepat waktu trus mandi n dianterin temen nih…. buat ke kantor, berangkatlah dari kos jam 5.15 WIB, dalam perjalanan ditelpon Asisten Leader SPPIP Kota Manna Isnaini (Alumni Planologi Unissula) suruh cari taksi buat perjalanan dari kantor ke Bandara, cari taksi susah klo pagi-pagi gini, muter-muter lama aku sekitar Peleburan (wil. Undip) cari taksi, taksipun ketemu n aku suruh ngikuti sampai ke kantor, sampai kantor jam 6.15 WIB, langsung barang-barang dari kantor dimasukan ke taksi, “pak, yang cepet ya ke bandara, soalnya ini sudah mepet” kata Isna ke om supir taksi, di dalam taksi cuma ber3, aku, Isna, n om supir (anggota TIM sudah di bandara terlebih dahulu). Liat wajah Isna tuh kasihan banget, gelisah tak tentu (ky hbs diputus pacarlah), “tenang isna…., jangan takut ketingalan, kita naik pesawat 5 menit sebelum keberangkatan ko….” Kata ku menenangkan Isna. Sebelum taksi sampai Kalibanteng (jalanraya macet), Sutoto (Alumni Planologi Unissula – Asisten Tim Leader RPKPP Kota Metro Bengkulu) menelepon “dimana kamu trio? Aku sudah dibandara, tinggal kamu n Isna yang belum, Cepet pesawatnya mau berangkat!!!…….” . langsung aja aku ngomong ke om supir taksi “pak, rodo cepet yo, pesawate arep jalan pak”. Taksipun mempercepat lajunya ….wus…wussss…wuuuuuus…. (kaya film TAXI tuh, selip semua mobil lain)… sampailah di bandara jam 6.45 WIB pas. Sebenernya pesawat belum berangkat tuh tapi aku n Isna gak diijinin masuk (cek in) sm mbak penjaga, eh ternyata ada tulisan “CEK IN DITUTUP 30 MENIT SEBELUM PESAWAT BERANGKAT” 


Bingung aku setelah baca tulisan itu, manalagi Isna gak pernah ngmong klo ada peraturan gituan, dalam kebingunganku Isna crewet banget “piye ki….piye ki…trio…piye ki…?” gak aku dengerin deh tuh omongan (masuk telinga kiri keluar telinga kanan), dahlah… akhirnya Aku telp Boss aja, “Pak saya n Isna ketinggalan Pesawat….soalnya tadi cari taksinya lama” malu-maluin baget nih coy… Bos aku ni emang baik, beliau bilang “sekarang cari pesawat yang murah aja, soalnya conect dari jakarta ke bengkulu berangkat jam 13.00 WIB”. Mendengan perkataan Bos, tenang damai makmur sejahtera nih hati….. langsung aja aku nyuruh Isna beli tiket yang murah…. alhamdulillah bisaberangkat

   
Kami berangkat dari Semarang pesawat jam 9.10 WIB, sampai Bandara Sukarno Hatta jam 10.10 WIB, langsung deh menuju pintu keberangkatan buat ketemu TIM yang berangkat tadi pagi, Isna Takut dimarahi Tim Leader, pucat tuh wajah Isna… (walaupun Isna msh bisa pamer gigi  dia), salah satu TIM Leader bilang “lho…lho….ko bisa terlambat…naik pesawat gak kaya naik BUS, pesawat gak bisa di awe-awe….” Seluruh TIMpun tertawa…..(Sutoto yang paling keras ketawa)
Tibalah naik pesawat menuju Bengkulu Aku, Sutoto, n Isnaini duduk berjejeran dalam pesawat (sebelumnya rebutan kursi deket jendela….parah..), di pesawat geger gaduh bertiga (maklum 3 orang ini katrok semua) mulai dari pasang sabuk pengaman, mainan kursi pesawat, pesawat mulai terbang, nonton langit n bumi, mainan AC, sampai pesawat nge’rem’ turun di bandara Bengkulu masih gegeeeeer aja.
Sampailah TIM di bandara Bengkulu 14.00 WIB, di jemput sama Pak Supri untuk menuju Hotel Kota Manna pake mobil, perjalanan dari Bandara ke Kota Manna sekitar 3 jam, dengan medan jalan yang berkelak-kelok (untung gak ada yang mutah tuh)…..
2 Hari berikutnya mulai survei lapangan buat SPPIP, 2 sepeda motorpun disewa jalan-jalan kami survey infrastruktur Kota Manna, lelah survey sampai sore kami melanjutkan dan menemukan tempat Wisata Pantai Pasar Bawah biasalah poto-poto (buat ganti poto propil FB) sambil istirahat, pas banget buat istirahat setelah seharian muter-muter seluruh kawasan. Dengan pantai yang indah dibarengi gelombang-gelombang ombak serta angin laut yang sangat menyenangkan, kami menikmati suasana yang ada apalagi ditambah jagung bakar dan teh botol sosro. Bermain di pantai tanpa merasakan lelah survei dari pagi.

ddd
 
 
Survey hari berikutnya itu buat yang RPKPP yaitu kawasan Tebat/waduk/danau kecil tengah kota. Motor di parkir dan kami ber 3 jalan memutar wilayah studi yang luasnya kuranglebih 50 Ha, capek banget klo ini, soalnya ada acara kesasar salah jalan, jadinya memutar agak jauh melenceng. Tempat wisata tebat ini mempunyai potensi yang bisa di tingkatkan, namum pemerintah sekitar belum optimal mengelolanya. Eh…eh…eh….Duh….duh… Penyakit poto-poto pun kambuh lagi ngepasi ada obyek yang bagus, cekrek…cekrek….action…...
Hari selanjutnya cuma survey ke dinas-dinas terkait yang datanya belum kami dapatkan dari awal proyek. Sore harinya kami berwisata ke Pantai Kampung Baru, tempat yang sangat mengagumkan, disertai ombak dari Samudera Indonesia, pemandangan yang sempurna, kesuburan wilayah yang nyata, pohon kelapa menemani pantai, n msh bnyak deh kelebihan lain….. poto lagi nih…..
12 hari kami bertiga hidup di Kota Manna Kab. Bengkulu Selatan, TIM Leader hanya 3 hari di sini. Di Kota ini kebanyakan warung makan Padang, ada juga warung khas Jawa, dan ada juga restoran Bandung. Sampailah pada hari ke 12, kamipun pulang dengan membawa segudang cerita, serta membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga, n teman-teman.
Ini ceritaku, apa ceritamu hari ini…?

blogger templates 3 columns | Make Money Online